Selasa, 25 November 2008

BUKU : Pasang Naik Kulit Berwarna


Buku lama yang terpampang gambarnya di atas adalah salah satu buku bagus yang aku temukan di kios buku bekas di Pasar Johar. Aku membelinya dengan harga Rp.20.000.Buku ini adalah karangan L Stoddart seorang sejarawan Inggris,cetakan tahun 1955. Yang unik adalah, sesudah kata pengantar buku terdapat pengantar kedua yang ditulis oleh Ir. Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia , yang berisi pujian terhadap isi buku ini yang demikian bermanfaat untuk pemuda Indonesia untuk memupuk Nasionalismenya.
Buku ini ditulis oleh seorang sejarawan kulit putih,dari sudut pandang seorang kulit putih terhadap berbagai gerakan Nasionalisme yang sedang menggejala saat buku ini di tulis. Buku ini di tulis sekitar tahun 1925 an, ketika Eropa kulit putih baru saja didera Perang Dunia Pertama.
Saat itu Eropa menyaksikan hegemoni dunia yang selama sekian abad,sekitar 2 abad, digenggamnya mulai luntur.Berbagai gerakan yang sifatnya Nasionalistik mulai muncul di tanah jajahan mereka, mulai dari tanah jajahan di benua Asia, Afrika, Timur Tengah dan di seluruh penjuru dunia yang masih tersisa yang masih dikuasai penjajahan kulit putih.
L. Stoddart adalah seorang rasist kulit putih yang militan. Dia tidak rela keunggulan kulit putih dalam hal pengusaan dunia terhapuskan. Dia tidak rela bangsa yang selama ini tunduk di bawah sepatu tuan-tuan kulit putih, yang secara tendensius disebut sebagai bangsa kulit berwarna oleh L Stodart bangkit kesadarannya. Bangkit kesadarannya untuk membebaskan negerinya dari cengkeraman kekuasaan kulit putih.
Buku ini dimulai dari pembahasan tentang keadaan geografis bumi, dan bangsa-bangsa serta ras apa saja yang menghuni bumi ini. Menurut L. Stodart, manusia di bagi menjadi lima ras besar, yaitu : Kulit Putih, Kulit Hitam, Kulit Coklat, Kulit Kunging dan Kulit Merah. Kulit Putih adalah bangsa yang tinggal di Eropa.Kulit Hitam adalah bangsa yang kebanyakan tinggal di Afrika. Kulit Coklat adalah bangsa yang tinggal di Timur Tengah, Iran dan sekitarnya serta Asia Tenggar. Kulit Kuning adalah bangsa yang tinggal di Asia daratan , seperti China/Tiongkok, Jepang, Korea dan sekelilingnya. Sedangkan Kulit Merah adalah bangsa asli penghuni dari benua Amerika yang secara keliru oleh orang Eropa di sebut sebagai bangsa Indian.
Bangsa Eropa alah bangsa yang menurut L Stodart adalah bangsa yang mempunyai keunggulan dan mempunyai tugas suci untuk membawa segala bangsa yang lain berada dalam pengaruh kekuasannya untuk di bawa menuju kemajuan. Sebuah pandangan rasist, bahwa hanya bangsa Eropa yang mampu membawa dunia ini menuju kemajuan sedangkan bangsa -bangsa lain adalah bangsa yang kelasnya lebih rendah dari bangsa Eropa sehingga harus selalu di tuntut dan di bimbing dalam panduan bangsa Eropa.
Pandangan rasist ini secara nyata telah terbantahkan. Bangsa kulit berwarna yang di remehkan oleh L Stodart ini sekarang mampu berdiri sejajar dengan bangsa Eropa. Bangsa Jepang mampu membuat produk teknologi yang sejajar dengan kemampuan bangsa Eropa bahkan melampauinya. Bangsa Timur Tengah khususnya Iran juga mampu tampil mandiri mengembangkan teknologi nya untuk kebesaran bangsanya.
Tetapi, dengan membaca buku ini kita mampu memahami tentang dasar-dasar politik internasional, penguasaan bangsa-bangsa melalui penjajahan dan lain sebagainya. Cukup bermanfaat untuk menambah pengetahuan khususnya kepada seseorang yang mempunyai minat terhadap sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar