Selasa, 25 November 2008

Kumpulan Catatan Pinggir Gunawan Muhammad (GM)


Membaca buku kumpulan Catatan Pinggir karya Gunawan Mohammad (GM) merupakan sebuah penjelajahan pengetahuan tentang karya dan pemikiran dari para intelektual, pemikir, tokoh, filsuf, tokoh dalam mitologi yang sedemikian lengkap. Didalamnya berisi pendapat sang penulis yang kadang diberi sisipan tentang pendapat/tingkah laku/pemikiran tokoh-tokoh besar dunia yang disitir oleh GM dalam essaynya. Kadang-kadang saya jadi bertanya juga, apakah sedemikian banyak referensi yang dibaca oleh GM sehinga beliau mampu menuliskan sebuah essay yang kadang seperti ensiklopedi dari para pemikir dunia tersebut.



Aku mendapatkan buku catatan pinggir tersebut saat jalan-jalan ke kios buku bekas di pasar Johar Semarang. Buku tersebut aku temukan terselip diantara tumpukan buku-buku lama. Aku langsung tertarik begitu melihat buku tersebut. Buku yang pasti sekarang termasuk barang langka, karena dari sampulnya aku tahu bahwa buku tersebut dicetak tahun 1990. Aku tawar buku tersebut dan akhirnya aku beli, kalau tidak salah seharga Rp.20.000,- , harga yang menurutku sangat murah untuk sebuah buku yang sedemikian bagus.


Buku ini adalah kumpulan essay yang ditulis oleh GM dalam rubrik Catatan Pinggir di majalah Tempo dari tahun 1975-1990.Cukup tebal bukunya, sekitar 700 halaman, dengan huruf-huruf yang kecil.


Kelebihan Gunawan Muhammad adalah ia mampu menyajikan sebuah tulisan yang menarik, yang sering di isi dengan sitiran pemikiran dari berbagai tokoh , mulai dari Albert Camus, Sartre, Nietchze, Gus Dur, Descartes, Ibnu Rush, Al Farabi, dan lain sebagainya. Kita di bawa seolah mengembara menjelajahi khazanah pemikiran mereka.


Tetapi, sebuah pembacaan juga harus dilakukan dengan kritis. Apa yang ditulis oleh GM tidaklah semuanya sebuah kebenaran yang harus ditelan mentah-mentah, tetap harus di saring dengan pikiran yang jernih.Karena sebuah tulisan tidaklah bebas dari sebuah kepentingan, sebuah ideologi yang secara sadar ingin di sampaikan oleh sang penulis, dan kalau memungkinkan maka pembaca diajak untuk sependapat dengan sang penulis. Untuk itulah sebuah pembacaan kritis tetap perlu dilakukan saat kita membaca sebuah tulisan.


Terlepas dari pembacaan kritis tersebut, dibalik segala kekritisan kita dalam membacanya, maka buku kumpulan ini adalah sebuah karya yang sangat bagus untuk mengenal pemikiran tokoh-tokoh besar dunia.Dan karena rentang penulisannya yang sedemikian lama, sekitar 15 tahun, dari tahun 1975-1990, dan Tempo saat itu terbit 2 Mingguan, maka tulisan dalam buku tersebut dapat dijadikan sumber referensi sejarah tentang apa yang terjadi dalam kurun waktu dekade 70 - 90an. Karena GM menuliskan catatan pinggir, secara umum biasanya membahas tentang isu -isu yang sedang hangat dibicarakan di masanya, di waktu saat GM menuliskan artikelnya.


Beruntung aku memiliki dan membaca buku tersebut....

3 komentar:

  1. Kalo kamu suka buku kumpulan cerita pinggir GM pasti kamu suka buku " mangan ra mangan asal kumpul" karya Umar Kayam. Kedua buku tersebut bagus dan aku udah lama baca keduanya.

    BalasHapus
  2. Aku suka baca buku Kumpulan essay.Kalau gak salah aku perbah baca buku it mas, pinjam di Perpust Daerah,..kayaknya kumpulan Artikelnya di Kedaulatan Rakyat, kalau aku gak salah ingat/sebut. Tentang Pak Ageng, Nyi Ageng, Bedes2, tentang Penggeng Ayam, Sate Usus dll....

    Essay yang menarik, dan njawani....

    Kalau maa toni punya, boleh pinjam dong...atau tukar-tukaran buku...hehehehee...

    BalasHapus
  3. Aq juga pernah baca buku catatan pinggir-nya Pak GM ini, kalo ga salah yang seri pertama n pinjem dari mas indar hehehe...
    Apakah mas indar juga punya yang seri ke-2?pinjem lg donk kl punya...(ga modal banget dech hehehe...). Aq juga boleh pinjem buku umar kayam-nya ga, mas toni? (tambah keliatan ga modalnya wekekekek...)

    Oya sekalian mo promo...bagi yang punya koleksi buku r perpus pribadi bisa mejeng di goodreads lho... Kita bisa tuker2an info plus kasih review buku-buku yang pernah kita baca (apa lagi kl punya, bisa tuker2an pijem tu...hehe). Tengok2 akun q di goodreads yah... :D

    BalasHapus