Jumat, 21 November 2008

Mencermati iklan politik Gerindra

Menarik sekali melihat iklan Gerindra di televisi yang di gawangi oleh Bapak Prabowo Subianto. Iklan yang menyentuh,tentang hal-hal dasar yang dibutuhkan oleh rakyat Indonesia, tentang pertanian, tentang pedagang pasar, tentang keseharian kebanyakan rakyat.
Hal menarik yang perlu di cermati disana adalah, tidak disebutkanya kata " partai " disana, tetapi adalah sebuah " gerakan "..Kalau kita dengar di sepanjang iklan dan di akhir iklan, bahwa Indonesia memerlukan sebuah " gerakan " dan mari berbabung bersama " Gerakan Indonesia Raya"..
Gerakan, bukan partai yang ingin di citrakan oleh Gerindra, walaupun hakekatnya Gerindra adalah juga sebuah Partai Politik. Ini menarik. Mungkin konsultan iklan dari Partai Gerindra telah menyadari tentang image buruk partai di Indonesia sehingga memilih sebuah judul kampanya yenag tidak menyebutkan tentang partai tetapi menyebutkan tentang sebuah gerakan.
Ini cerdas, seolah-olah dicitrakan bahwa gerakan pasti akan lebih baik dari partai, lebih profesional, lebih menyeluruh mementingkan kesejahteraan rakyat, bukan hanya kepentingan dan kesejahteraan partai dan golongannya.Dengan kata lain , ini adalah sebuah kenyataan yang terjadi bahwa image partai di Indonesia saat ini berada pada titik yang sedemikina rendah. Partai, di mata rakyat adalah tempat orang yang hanya sibuk mengejar kepentingan kekuasaan untuk partainya, golongannya, kerabatnya, mengejar proyek untuk perusaahannya, dan lain sebagainya. Partai di asumsikan pasti tidak akan pernah memperjuangkan dengan serius dan tanpa pamrih dari kepentingan rakyat, pasti ada pamrih kekuasaan bila sebuah parti berteriak bahwa ia memperjuangkan kepentingan rakyat.
Tinggal kita lihat kelak saat pemungutan suara apakah strategi ini akan berhasil.Tetapi menurut beberapa survei, nama Gerindra cukup menonjol, dan polularitasnya berkecendrungan naik. Kita lihat kelak, apakah iklan Gerindra yang gencar ini akan berpengaruh terhadap jumlah suara yang diraihnya.Pemilu 2009 akan menjadi sebuah ajang yang menarik untuk di cermati.
Selamat Berdemokrasi.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar