Selasa, 13 Januari 2009

Sejarah Tanah yang Dijanjikan ( KANAAN / PALESTINA )



Promised Land
Tanah Yang Dijanjikan



Dalam tulisan di bawah ini akan dipaparkan sebuah tafsir dari konflik antara Palestina dengan Israel. Sebuah tafsir di ambil dari beberapa ayat kitab suci , yaitu Taurat dan Al Qur'an. Semoga tulisan ini dapat menjadi sudut pandang baru untuk melihat konflik Palestina - Israel. Dan semoga kelak kemenangan akan diberikan Allah SWT kepada Islam.



Tuhan telah menjanjikan untuk Bani Israil tanah Palestina :
Negeri yang telah dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu (Keluaran 13 : 5)

Janji Tuhan itu telah dipenuhi (digenapi), Bani Israil dibawah pimpinan Yoshua ( dalam riwayat Islam bernama Yusya Bin Nun) berhasil memasuki Palestina dengan menaklukkan penduduk aslinya yang beragama pagan :

Ketahuilah, Aku telah menyerahkan negeri itu kepadamu; masukilah, dudukilah negeri yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka dan kepada keturunannya. (Ulangan 1 : 8)

Dan Kami pusakakan kepada kaum (Bani Israil) yang telah ditindas (di Mesir) itu, negeri-negeri (Palestina) bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil” (Al A’raaf : 137)

Dan sesungguhnya Kami telah menempatkan Bani Israil di ternpat kediaman yang bagus (Palestina) (Yunus : 93)

Dan (ingatlah), ketika dikatakan kepada mereka (Bani Israil): "Diamlah di negeri ini saja (Baitul Maqdis) dan makanlah dari (hasil bumi )nya di mana saja kamu kehendaki." (Al A’raaf : 161)

Bani Israil telah mendiami tanah yang dijanjikan yaitu Palestina selama ratusan tahun sejak masa Yoshua dan mencapai puncak kejayaannya pada masa King David ( Nabi Daud) dan King Solomo ( Nabi Sulaiman ) . King Salomo membangun istana dan bait Allah di Yerusalem.

Sepeninggal Salomo Bani Israil terpecah menjadi dua kerajaan : Yudea dan Samaria. Kerajaan Yudea berpusat di Yerusalem, didukung Suku Yehuda dan Suku Benyamin. Kerajaan Samaria berpusat di Samaria didukung sepuluh suku yang lain.

Kemudian mereka berbuat dua kejahatan yang sangat besar dimata Tuhan yaitu : mengingkari (merubah/menambah/mengurangi) isi Al-Kitab dan membunuh Nabi-Nabi ;

Mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi (Al Baqarah : 61)

Telah dila'nati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. (Al Maidah : 78)

Bani Israil semakin lama semakin durhaka dan berbuat kerusakan dimuka bumi :

Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam Kitab itu: "Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar. (Al Israa’ : 4)

Maka Tuhan menghukum Bani Israil, yaitu mereka ditaklukkan oleh bangsa lain, pertama oleh Nebukadnezar dari Babilon, Solomon Temple dihancurkan dan penduduknya diangkut ke Babilon sebagai budak.

Selanjutnya Babilon dikalahkan oleh Imperium Persia, Raja Cyrus Agung (xerxes) memulangkan Bani Israel ke Yerusalem dan mengijinkan membangun kembali Solomon temple dibawah pimpinan Nabi Nehemia.

Yerusalem kemudian dikuasai dan dijajah oleh Romawi. Palestina dibawah kendali gubernur Herodes yang memerintah atas nama Roma. Pada masa inilah Yesus dilahirkan. Yesus diutus untuk menggembalakan Bani Israil agar kembali kepada Allah dan mentaati hukum Taurat. Tapi seruan Yesus diingkari oleh orang-orang Yahudi. Bahkan Yesus difitnah sebagai “Raja Yahudi” yang memberontak terhadap kekuasaan Roma.

Pada masa Kaisar Titus, penduduk Yerusalem benar-benar memberontak dan ditumpas oleh Romawi. Orang-orang Yahudi dibantai, Solomon Temple kembali dihancurkan oleh pasukan Romawi. Bani Israel yang ketakutan excodus keluar dari Palestina, menyebar (diaspora) ke berbagai penjuru dunia : Spanyol, Perancis, Rusia, Arabia, Mesir.

Aku menghamburkan mereka di antara bangsa-bangsa, sehingga mereka berserak-serak di semua negeri, Aku menghakimi mereka selaras dengan tingkah lakunya (Yehezkiel 36 : 19)

Orang-orang Yahudi di tempat pelarian membentuk komunitas yang eksklusif, sikapnya angkuh dan tidak disukai oleh penduduk asli dimana mereka tinggal.

Pada pertempuran Yarmuk, Romawi dikalahkan oleh orang Saracen (Muslim). Syria dan Palestina dikuasai orang Saracen. Kemudian mayoritas penduduk Palestina menjadi Muslim, sedangkan orang-orang Yahudi sendiri sudah tidak ada di Palestina karena sudah excodus pada saat ditumpas oleh Kaisar Titus. Bekas reruntuhan Solomon Temple dibangun menjadi Masjid Al Aqso dan Masjid As Sakrah (Dome of The Rock).

Selanjutnya Yerusalem sempat dikuasai oleh Pasukan Salib selama 98 tahun, kemudian berhasil direbut kembali oleh Saracen dibawah pimpinan Sultan Saladin pada pertempuran Hittin (crusade ke-3).

Penindasan Bani Israil oleh Nebucadnezar, Kaisar Titus, Kaisar Nero, Hitler Nazi Jerman telah dinubuwatkan :

Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) pertama dari kedua (kejahatan) itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang mempunyai kekuatan yang besar, lalu mereka merajalela di kampung-kampung, dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana. (Al Israa’ : 5)

Pada abad 16 Imperium Turki Ottoman menguasai : Eropa Timur sampai Wina, Balkan, Asia Tengah, Asia kecil, Irak, Syria, Palestina, Arabia, Mesir, Libya, Aljazair, Tunisia, sampai Maroko.

Pada perang dunia I dan II Turki Ottoman melemah, Palestina jatuh ketangan Inggris. Gerakan Zionisme International dengan dibidani Inggris melalui deklarasi Balfour berusaha mendirikan kembali negara Yahudi di Palestina.

Jadi tanah yang dijanjikan itu telah dipenuhi dan digenapi, yaitu sejak masa Yoshua sampai masa diaspora. Adapun gerakan Zionisme sekarang ini yang merebut tanah Palestina adalah KEJAHATAN KEMANUSIAAN, perampasan, penindasan dan pembunuhan.

Anehnya para penindas (Israel) diopinikan sebagai pahlawan yang menuntut tanah yang dijanjikan kepada mereka, sedangkan warga Palestina (Hamas) yang mempertahankan tanahnya di opinikan sebagai TERORIS.

Tuhan memang telah bernubuah untuk memulihkan kekuatan Bani Israil dan mereka akan kembali mendapat kemenangan :

Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka kembali dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar. (Al Israa’ : 6)

Sekarang ini Bani Israil berada pada fase ini, melalui gerakan ZIONISME mereka berhasil kembali mendirikan negara Israel di Palestina menjadi negara yang paling kuat secara militer di Timur Tengah. Dua kali perang Arab vs Israel semuanya dimenangkan oleh Israel.

Perang Hamas vs Israel kali ini bisa jadi masih dimenangkan oleh Israel. Secara lahiriah bagi warga Palestina seolah lonceng kematian, duka, derita, nestapa yang memilukan, tapi hakekatnya supaya sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada' (Ali Imron : 140)

Lagi pula episode sekarang ini belum episode final.

Ending finalnya adalah : menjelang akhir jaman akan muncul Al-Mahdi, Messiah yang akan memimpin penumpasan Bani Israil hingga habis tanpa tersisa seorangpun :

dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai. (Al Israa’ : 7)





......

.....

...

.

Demikian .., sebuah artikel yang penulis dapatkan dari sebuah milis di Univ Brawijaya. Sengaja penulis copy paste kan ke blog penulis untuk melengkapi tulisan penulis sebelumnya tentang " Sejarah tanah Palestina ", yang mungkin masih terlalu panjang. Semoga tulisan ini bermanfaat dan mampu membangkitkan optimisme dari umat Islam bahwa InsyaAllah.., kelak kemenangan akan berada dalam genggaman umat Islam.

....

...

..

.

1 komentar:

  1. bagus juga artikelnya :). apa bener ya israel juga ingin menghancurkan masjid Alqsa dan mereka akan membangun solomon temple.. :-?

    BalasHapus