Minggu, 11 Januari 2009

Seberapa Luaskah Tanah Palestina ??







Setiap hari dalam minggu-minggu ini kita medengar tentang konflik Palestina – Israel. Setiap channel TV memberitakan tentang pertempuran yang terjadi di Jalur Gaza. Pertempuran yang merupakan sebuah perang abadi dari 2 bangsa yang memperebutkan sebuah tanah yang menurut mereka suci, Arab dan Yahudi,yaitu tanah Palestina atau Eretz Israel menurut orang Israel. Tetapi mungkin banyak di antara pembaca yang belum tahu geografi dari wilayah yang disebut Palestina tersebut. Berapa luasnya, berapa panjang dan lebarnya, bagaimana kondisi dan fakta-fakta geografis dari wilayah Palestina tersebut. Dalam tulisan di bawah ini penulis akan mencoba memaparkan tentang Palestina, sejauh yang penulis ketahui dari berbagai sumber dan bacaan.

Wilayah yang disebut dengan Palestina ini mempunyai luas sekitar 26.000 km2. Saat ini terbagi menjadi 2 wilayah yaitu wilayah Israel seluas 20.000 km2 dan wilayah Palestina yang saat ini dibawah kekuasaan pendudukan Israel yaitu sekitar 6.000 km2. Wilayah pendudukan ini terbagi menjadi 2 wilayah terpisah yaitu Tepi Barat seluas kira-kira 5.500 km2 serta Jalur Gaza seluas kira-kira 400 km2. Kalau kita bandingkan mungkin luas keseluruhan tanah rebutan tersebut seluas propinsi Jawa Tengah dan DIY. Israel menempati propinsi Jawa Tengah sedangkan Tepi Barat kira-kira seluas DIY.

Tanah Palestina tersebut tidak luas. Hanya seluas propinsi Jawa tengah , tetapi mampu menjadi berita di seantero dunia. Sekeping tanah dari luasnya bola dunia ini yang selalu menjadi berita. Setiap orang, terutama yang mempunyai agama Islam, Kristen, Yahudi merasa dekat dan akrab dengan tanah tersebut karena disebut dalam Kitab Sucinya masing-masing.

Penyebutan dalam konteks yang berbeda. Islam menyebutkan tanah Palestina itu sebagai tanah yang diberkati, tempat Kanjeng Nabi Muhammad melakukan Isra’ Mi’raj sebelum ke Sidratul Muntaha. Umat Kristen mengennalnya sebagai tempat di mana Nabi Isa di utus dan mengajar kepada umatnya. Umat Yahudi mengenalnya sebagai tempat dimana mereka di tempatkan oleh Tuhan dan diberikan hak menurut kitab Taurat mereka untuk mewarisi tanah tersebut.

Tanah Palestina ini tidak luas, hanya seluas Jawa Tengah. Dibandingkan dengan Indonesia yang sedemikian dengan Sumatra, Kalimantan, Pulau Jawa, Sulawesi,Papua, tentu akan terasa sedemikian sempitnya tanah tersebut. Indonesia sedemikian luas. Pulau Jawa luasnya 6 % dari Indonesia. Jawa Tengah 30% dari luas pulau Jawa. Sehingga Jawa Tengah luasnya sekitar 2 % dari luas Indonesia. Luas Israel sama dengan luas Jawa Tengah.

Sehingga keseluruhan Israel luasnya hanyalah 2 % dari luas Indonesia.

Luar biasa.Wilayah yang sedemikian kecil sanggup mewarnai dunia. Apakah ini juga merupakan salah satu bukti bahwa memang tanah rebutan tersebut merupakan tanah terberkahi yang disebut dalam berbagai Kitab Suci …..

Tanah Palestina adalah tanah yang subur dengan curah hujan yang cukup dan aliran sungai Jordan yang mampu mendukung usaha pertanian yang baik. Tentu jangan di bandingkan dengan kesuburan tanah Indonesia, karena kondisi tropisnya dan curah hujannya yang lebih banyak tentu Indonesia lebih subur, khususnya Pulau Jawa yang merupakan pulau tersubur di dunia. Tetapi untuk ukuran negara di Timur Tengah, Palestina sangat subur. Negeri yang penuh susu dan madu kata Kitab Suci. Yordania mempunyai gurun pasir yang luas, Arab Saudi mempunyai gurun pasir luas, Kuwait sepenuhnya gurun pasir, Suriah sebagain juga gurun pasir.Tetapi Palestina mempunyai iklim yang baik, dekat dengan laut, mempunyai pegunungan –pegunungan sehingga curuh hujannya mencukupi. Palestina hanya mempunyai sedikit gurun pasir yaitu di Negev di selatan yang luasnya mungkin 25 % dari keleseluruhan luas Palestina. Sehingga 75 % dari luas tanah Palestina mampu di usahakan untuk pertanian. Hal ini adalah fakta yang luar biasa untuk ukuran Negara di Timur Tengah yang biasanya adalah gurun pasir.

Sehingga tidaklah mengherankan bila Palestina selalu menjadi rebutan berbagai bangsa sejak zaman kuno. Penulis akan menceritakan tentang perebutan dan peperangan di tanah Palestina ini pada tulisan berikutnya…..

Silahkan membayangkan tentang Palestina dan bandingkan dengan luasnya Indonesia…

…………….

………

…….

…..

….





..



2 komentar:

  1. Bubarkan palestina...Israel berhak atas haknya....

    BalasHapus
  2. Ayo perang lagi, tambah rame tambah seru nih. Indonesia tinggal tepuk tangan dan bersorak aja.

    BalasHapus