Minggu, 15 Februari 2009

Pesta Buku Semarang 4 - 10 Feb 2009



Pameran buku berjudul " Pesta Buku Semarang" dilaksanakan di gedung Wanita di jalan Sriwijaya Semarang, dari tanggal 4-10 Februari 2009. Penulis hampir saja lupa bila tanggal tersebut ada pameran buku dan kebetulan ingat pas hari terakhir pameran, yaitu tanggal 10 Februari malam. Penulis kesana setelah aku mengantar istri periksa kandungan, sekitar jam 20.30 malam, jadi sudah hampir penutupan. 
Masih banyak juga pengunjungnya, bahkan di beberapa kios buku berdesakan untuk mencari buku-buku yang di cari dan diinginkan dengan harga yang terjangkau.

Penulis juga ikut berdesakan. Penulis menemukan di sebuah kios buku, di pojok utara gedung, tumpukan buku lama yang penulis suka, yaitu buku ensiklopedi pengetahuan terbitan LIFE. Kebutulan penulis  juga sudah punya beberapa buku sejenis, yang di dapatkan ketika  jalan-jalan ke Johar.

Penulis mendapatkan banyak buku Pustaka LIFE di pameran tersebut,tetapi sayangnya kebanyakan berbahasa Inggris. Hanya ada 2 buku yang berbahasa Indonesia, yaitu yang berjudul Materi dan Bahan Makanan. Gambar yang penulis sertakan di atas adalah gambar cover sebagian koleksi pustaka LIFE yang penulis miliki.

Koleksi buku tersebut sangat bagus sekali. Buku yang sangat bermanfaat, walaupun merupakan buku lama karena merupakan cetakan tahun 80-an, tetapi isinya tetap tidak lekang oleh waktu karena berisi berbagai hal / teori dasar/uraian tentang banyak hal, tergantung judulnya.

Penulis pernah coba mencari di Gramedia, dan untuk buku sejenis di Gramedia berhargasekitar Rp. 150.000, an. Cukup mahal. tetapi , untuk buku di pameran tersebut, penulis hanya mendapatkannya dengan harga sangat murah, hanya 25.000,-. Murah kan...

Ada sekitar 10 buku seri Pustaka LIFE yang penulis miliki. Berjudul Gunung, Materi, Australia, Energi, Mamalia, Afrika, dan juga beberapa buku Pustaka LIFE dalam bahasa Inggris.Soalnya juga buku yang di cari di toko barang bekas, jadi kita gak bisa milih judulnya. Tetapi penulis berkeinginan akan berusaha terus mencari. Bila ada pameran yang menjual buku tersebut, dan kebetulan penulis juga ada dana , maka penulis berusaha membelinya.

Buku pustaka LIFE Bahan Makanan membahas tentang sejarang penemuan bahan makanan, dari mulai proses saat manusia purba dahulu mengumpulkan makanan dari alam liar sampai mereka sanggup membudidayakannya. Dari hanya sekedar mengumpulkan makanan, buni-buni liar, jagung liar, gandum liar, sampai mampu menghasilan makanan dengan cara menanam dan memelihara beberapa jenis hewan. Sangat menarik,kita di bawa mundur ke sekian ribu tahun yang lalu , menyusuri sejarah hidup manusia dan peradabannya,.

Juga di ceritakan tentang kondisi per-makanan saat ini, jaman modern. Tentang lahan pertanian di Amerika Utara yang sedemikian luas, sangat luas dan suburmya sehingga sebenarnya mampu mencukupi puluhan milyard penduduk bumi. Jadi sebenarnya bumi ini tidak kekurangan produksi bahan makanan, sampai saat ini, sebenarnya lahan pertanian di bumi masih mampu mencukupi kebutuhan makanan hingga 50 Milyard manusia, yang ada hanya lah masalah distribusi. Ada sebuah negara/ wilayah yang sangat berlebihan produksi makanan, tetapi ada juga negara/ wilayah/ biasanya negara berkembang yang masih kekurangan produksi makanan untuk memberi makan penduduknya. Jadi yang ada adalah semata-mata persoalan distribusi dan juga penyebaran teknik serta sarana pertanian ke seluruh dunia sehingga tidak akan ada lagi ancaman kelaparan di dunia ini.

Demiakan uraian sebagian dari isi buku tersebut. Sangat menarik, apalagi disertai dengan berbagai gambar/ diagram/ foto yang semakin memperjelas uraian yang di bahas. Bukunya juga cukup tebal, sekitar 400 halaman, kalau penulis tidak salah ingat jumlah halamannya. Sangat menarik...

Beruntunglah penulis dapat memilikinya...

....

...

..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar